Sumber Informsi

Wisata Keindahan Gunung Cermai

Wisata Keindahan Gunung Cermai
Gunung Cermai
Ketika anda bingung hendak pergi kemana ketika liburan, di daerah kuningan terdapat sebuah gunung yang sudah menjadi tempat wisata bagi para pendaki. Gunung ini terbilang paling tinggi di jawa barat, banyak orang sering kali salah kaprah mengatakan gunung ini dengan sebutan Ciremai, gunung yang berbentuk kerucut ini pun tidak terletak di kabupaten kuningan saja tapi gunung ini terletak di dua wilayah, kabupaten Cirebon dan kabupaten Majalengka provinsi Jawa Barat, gunung Ceremai ini memiliki ketinggian 3078 MDPL diatas permukaan laut. Nama gunung ini berasal dari kata ceremai (Phyllanthus acidus, sejenis tumbuhan perdu berbuah kecil dengan rada masam), namun seringkali disebut Ceremai, suatu gejala hiperkorek akibat banyaknya nama tempat di wilayah Pasundan yang menggunakan awalan 'ci-' untuk penamaan tempat.

Gunung Ceremai ini sering di datangi oleh para pendaki, pendaki yang datang ke gunung Ceramai ini berasal dari berbagai macam daerah baik dari jawa barat maupun dari luar jawa barat. Gunung Ceremai ini pernah meletus pada tahun 1698 dan terakhir kali terjadi pada tahun 1937, dan berselangnya waktu tiga tahun gunung Ceremai ini mulai meletus kembali. Puncak gunung Ceremai dapat dicapai melalui banyak jalur pendakian. Akan tetapi yang populer dan mudah diakses adalah melalui Desa Palutungan dan Desa Linggarjati di Kab. Kuningan serta Desa Apuy di Kab. Majalengka. Satu lagi jalur pendakian yang jarang digunakan ialah melalui Desa Padabeunghar di perbatasan Kuningan dengan Majalengka di utara.

Entah kenapa, sekarang mendaki gunung itu sudah menjadi hobby untuk semua orang mulai dari anak kecil hingga orang dewasa senang mendaki. Mungkin ketika film 5 cm sudah muncul di bioskop dan di tonton oleh semua orang, disanalah gunung-gunung mulai di gemari. Gunung Ceremai memiliki keindahan yang luar biasa banyak keindahan yang dapat di lihat diatas gunung Ceremai tapi tidak hanya di puncak gunungnya saja ketika kita mendaki dari bawah juga sudah banyak keindahan yang bisa kita dapatkan mulai dari suara kicauan burung yang merdu hingga pohon-pohon rindang yang berjajar menutupi teriknya matahari.

Dan ada pula tempat camp yang unik, para pendaki biasanya sering menyebutnya sebagai gua walet, banyak burung-burung walet yang hinggap diam di gua tersebut. Disanapun terdapat jernihnya mata air yang dapat di minum oleh para pendaki, air itu muncul dari atas gua dengan berjatuhan, ada juga bunga edeleweis, konon katanya bunga ini adalah bunga yang hidupnya abadi. Untuk sampai ke puncaknya, para pendaki harus melewati batu-batu besar yang licin, itulah yang menjadi tantangan tersendiri dalam mendaki gunung Ceremai. Gunung ini sangat cocok bagi para penyuka fotografi karena keindahan diatas gunung sangat luar biasa.


Gunung adalah tempat mencari keindahan, kenyaman dan tempat untuk terhindar dari hiruk pikuknya keramaian kota. Tidak hanya itu saja, tetapi gunung juga tempat kita bertafakur atas apa yang telah sang kholik ciptakan agar kita lebih bersyukur lagi.
Labels: Artikel

Thanks for reading Wisata Keindahan Gunung Cermai . Please share...!

0 Comment for "Wisata Keindahan Gunung Cermai "

Back To Top